traveling

Rusia..Rusia.. dan Rusia

 

Anget anget tai ayam? 🙂

Tahu arti istilah ini?

Jadi bisa dibilang, kalau suka sesuatu karena sesuatu. (bingung ga tuh..) contohnya kayak gue sekarang, yang gue alami. Gue suka negara Italia karena dulu gue pernah nonton film ‘JUMPER’ dan di film itu ada adegan mereka di colloseum.

Gue suka negara Paris, karena gue dulu pernah nonton film effiel I’m in love. Pasti tau kan film itu?

Dan gue jadi suka negara Mesir, karena gue habis baca novel ‘ayat ayat cinta’ dan gue pengen lihat sungai nil (yang katanya besaaaaaaaaaaaaar ) terus gue pengen lihat pyramid.

And now.. I love with this country, soo much.. Guess what??

RUSIA!!

Berawal saat gue menyelesaikan baca novel ‘BUMI CINTA’, salah satu karya dari habiburrahman. Mmm ceritanya gak jauh jauh dari tentang mahasiswa indonesia yang hidup di luar negeri. Dan kali ini, habiburrahman membuat setting novelnya di Rusia, tepatnya di moskwa.

Bukan karena tempat itu jadi setting novel tersebut, bukan karena tempat itu di luar negeri, tapi yang membuat gue jatuh cinta sama negara satu ini, hampir sama alasannya dengan gue suka sama negara itali. Gue pengen ngeliat dengan mata kepala gue sendiri, gimana bentuk stasiun di moskwa itu, namanya stasiun metro smolenskaya. Terus masih banyak lagi, ada stasiun kievskaya, stasiun komsomolskaya, stasiun park pobedy. (susah yah nama stasiunnya.. ==a )

Terus pengen lihat Kremlin, yang memang udah terkenal di dunia arsitektur. Oyaa satu lagi, lihat lapangan merah. Yaaa istilahnya gue pengen mengelilingi kota moskwa itu dengan mata kepala gue sendiri. Mungkin kalau dengan akal yang sehat tanpa cacat, itu sebuah mimpi yang ‘ga mungkin’ terjadi. Tapi inget satu hal, di dunia ini gak ada yang gak mungkin. Asalkan kita mau dan berusaha, insya Allah itu semua terjadi.

Dari novel bumi cinta yang gue baca, moskwa ini salah satu kota yang sangat terkenal dengan kehidupan bebasnya. Nah kalo di indonesia, kota manakah itu? 😉

Kehidupan seks bebas, dan terkenal dengan situs situs yang memang dilarang buat dipublikasikan. Dan sekali lagi, kalau kesana –Rusia,moskwa- harus jaga jaga iman biar kuat, biar engga terjerumus ke sumur yang penuh dosa (cieelah omongan gue.. ). Tapi di dalam novel bumi cinta ini, bisa dilihat sendiri gimana kehidupan di moskwa. Itu membuat gue bersyukur 100 bahkan 1000 kali masih diberi kehidupan di kota jakarta, indonesia. Amiiiin.. 🙂

Manusia gak akan pernah jauh dari kata ‘mencoba’.. itu benar kan? Jadi jangan pernah puas dengan apa yang udah dimiliki sekarang, bukan berarti kita ga bersyukur, tapi memperluas pengetahuan tentang kota lain ga salah kan. Toh dunia itu bukan hanya ada negara INDONESIA, tapi masih ada 5 benua yang masing masing nya ada puluhan negara, dan ratusan bahkan ribuan orang yang bisa ketemui dan yang pastinya dengan bahasa yang berbeda.

Rusia akan menjadi negara berikutnya yang bakal gue kunjungi, insya Allah.. (amiin) Entah itu kapan, dan bakal terjadi atau tidak (tidak dilarang buat bermimpi kan?), sewaktu itu terjadi blog inilah yang bakal jadi saksi pertamanya. Hehee..

‘Kehidupan itu layaknya sebuah novel, Allah sebagai penulis’

Advertisements
Uncategorized

TIME CAPSULE

 

Pernah mendengar istilah time capsule??

Bagi yang belum tahu, nanti bakal gue jelasin.. ‘apa sih time capsule itu’ ??

Pertama kali gue tahu soal time capsule ini, dari sebuah komik.

Komik miiko, ada yang tahu?

Komik yang menceritakan seorang anak kecil kelas 5 SD? Kalau belum tahu, bisa kalian cari apa komik miiko itu. Komiknya lucu, bikin ketawa. Kalau sekarang (2011) masih ada di volume 22. Bisa cari di internet (yang katanya dunia segalanya ada) atau bahkan di gramedia. Komik miiko ini cukup terkenal, karena memang lucu…

Oke kita lanjut..!

Jadi, di komik miiko ini, ada episode saat mereka buat time capsule. Kalau di jelasin secara singkat, time capsule itu, ada sekumpulan benda-benda terus kalian taruh benda-benda itu kedalam sebuah kotak (terserah kotak apa saja, yang pasti kotak itu bisa tahan lama –dianjurkan sebuah kaleng-)

Terus, kotak itu dikubur di dalam tanah, ditempat yang memang kira-kira tetap berupa tanah kosong, repot kan kalau 10 tahun kemudian ditempat kita kubur time capsule ternyata udah di bangun sebuah rumah.. 🙂

Terus, tentukan kapan kalian buka time capsule itu. 10 tahun? 20 tahun? 30 tahun? Yaa itu terserah kalian sendiri.. Dan buat kesepakatan saat waktunya tiba, kalian bakal buka time capsule itu bareng bareng.. nah, dibutuhkan kejujuran dari masing masing orang, jangan ada yang curang buat ngebuka time capsule ini duluan. 😉

Jujur nih, sewaktu jaman SMA. Gue pengen buat time capsule bareng temen-temen sekelas, tapi sekarang gue baru sadar, kenapa dulu bisa lupa yaa?? GUBRRAAKK!!! ==a

Isi dari time capsule bisa macem-macem.. surat, benda-benda favorite, tulisan biodata, cerpen, puisi, rekaman, kaset, pokoknya benda-benda yang kalau nanti kalian buka di 10,20 atau bahkan 30 tahun kedepan, bakal ngebuat kalian nostalgia dengan masa lalu.

Mengabadikan masa lalu itu penting looh… 😀

Nah, udah tahu kan time capsule itu apa? Selamat mencoba yaa.. jangan kayak gue, mau bikin tapi lupa, terus sekarang jadi menyesal sendiri.. hahaha..

Good Luck!!

Uncategorized

kamu percaya jodoh?

Kamu percaya jodoh?

Jodoh itu ada di tangan Allah, bahkan jodoh itu rahasiaNya. Bukan hanya aku yang penasaran siapa jodohku nanti, tapi aku yakin, semuanya juga. Seseorang yang akan menjadi ‘terakhir’ bagi kita.

Kamu percaya jodoh?

Aku yakin, semua orang percaya dengan kata itu. Setiap orang memiliki jodohnya masing-masing.

Ingat dialog ini :

‘Jodoh itu, seperti sungai nil dan mesir. Tanpa sungai Nil maka tidak akan ada Mesir. Tanpa sungai Nil maka tidak ada peradaban, tidak ada kehidupan yang ada hanya gurun pasir’

dan yang ini…

‘Seneng yah kalau kita bertemu dengan jodoh, yang diberikan Tuhan dari langit.’

‘Bukan dari langit, namun dari hati, dekat sekali.’

Sebagai orang yang sangat menyukai ‘ayat ayat cinta’ pasti tahu dengan dialog itu, khusus pada filmnya. Saat Fahri dan Maria melihat ke arah sungai Nil, lalu mereka saling berdialog tentang Jodoh. Sepertinya aku benar-benar menjadi jatuh cinta dengan kisah ‘ayat ayat cinta’.. bukan karena bestseller-nya namun kalaupun buku itu tidak terkenal, aku pasti tetap menyukainya. Ingat post blog ku beberapa minggu yang lalu, tentang agama,kehidupan dan cinta… saat pertama kalinya aku menyelesaikan novel ayat ayat cinta setelah sekian lama tak pernah menyentuh novel itu.

Ada orang yang bilang kalau, jodoh tak akan pernah datang ke hadapanmu jika kamu tak pernah berusaha mencarinya? Benarkah itu?? Entahlah..  Karena jodoh itu tetap menjadi rahasia Allah.

Ada orang yang bilang kalau jodoh kita, itu orang yang sudah lama kenal, bahkan kita dulu pernah saling bertemu. Aku tak akan mengatakan itu ‘benar’ atau ‘salah’. Karena itu sebuah pendapat, pendapat tak akan menjadi sebuah fakta. Setiap orang berhak mengatakan pendapatnya.

Kamu percaya jodoh??

Sejauh ini kita semua tahu jawabannya, dan kita menunggu datangnya seseorang yang sudah ditentukan menjadi pasangan hidup kita, untuk selamanya.

‘Kalau Allah menghendaki, siapa pun bisa menjadi jodoh mu’

Uncategorized

Mi tarik nyam nyam slurp…slurp…

Hei, kalian tau apakah makanan yang namanya ‘mie tarik’?? mmm.. Mi yang ditarik” atau mie lainnya?? 😉

oke, ini salah satu makanan favorite gue kalo jalan ke CP.. Baik itu sendiri maupun bareng temen temen ( tapi bagi mereka yang betah gue ajakin buat berulang kali ke tempat ini :p) makanannya simpel kok, berupa mi dan berkuah.. Rasanya macem macem, harganya.. Mmm.. Okelah memang terhitung mahal bagi anak kosan kayak gue, tapi sesekali dalam sebulan makan  makanan mahal ga apa apa kan..hehehe.. Paling murah 16rebon, dan mahalnya.. mmm gue lupa tepatnya berapa, yang pasti ga sampe 100rebon.. Rasa favorite gue, mi tarik saus itali, kalian tau.. makannya makan mi tarik, tapi rasanya kayak makan spageti.. Dan yang lebih konyolnya lagi, berasa ada itali (boong banget). Tapi semua menunya itu enak-enak kok, gue malah punya rencana, pengen nyobain semua rasa di mi tarik itu. Mmm.. udah sekitar 5 rasa yang gue cobain, mungkin masih ada 5 rasa lagi yang masih ngantri. Tenang, masih banyak waktu buat nyobain rasa-rasa yang lainnya.

Tepatnya tanggal 25 januari 2011, gue ke CP (central park mall) sendirian. Kenapa sendirian? Karena gue maunya sendirian. Intinya, gue bosen dengan harus dikosan dan gak ngapa-ngapain. Stock dvd yang ditonton udah habis, baca novel entah kenapa lagi males. Jadi, gue mencuci mata buat ke mall. Dan kalian tahu, toko pertama yang gue masukin, gramedia, gudangnya berbagai buku. Entah kenapa gue suka dateng ke toko buku satu ini. Walaupun hanya sekadar liat liat (dalam arti numpang baca mungkin). Hey, bukan berarti gue kutu buku loh, tapi memang udah dari sononye demen sama baca buku.

Tepatnya jam 14.00 perut gue laper, dan mi tarik ini lah yang jadi tempat gue makan saat itu. Gue makan mi tarik rasa kari. Enak (pasti). Harganya 27.000 rupiah ditambah 1 ice lemon tea seharga 6000 rupiah.

harganya 27000 rupiah, enak dan bikin kenyang

 

Suasana di kedai mi tarik, memang terbilang rame kalau jam makan siang, kebanyakan sih orang orang kantoran yang gue lihat. Tapi, lain halnya kalau malam minggu, lu bakal liat berbagai macam pasangan manusia tersebar disana..:D

Sembari baca komik, atau mainan handphone, itu rutinitas biasa kalau memang lagi makan di suatu tempat dan itu sendirian. Jadi gak heran kalau ngeliat orang yang suka autis sama handphonenya. Mi tarik ini bikin kenyang ‘banget’ sekali makannya, soalnya porsinya memang banyak, terus ditambah lagi mi nya tebel. Pokoknya enak deh… Bagi kalian semua yang belum nyobain mi tarik, cobain deh, pasti ketagihan. Terus jangan lupa ajak-ajak gue yah, gue pasti mau kok, asalkan di traktir.. hehehe.. (ga mau rugi!)

Dan buat temen- temen gue, jangan pernah bosen yaah, buat gue ajakin makan mi tarik, khususnya di central park mall. Sekadar info, di daerah grogol, yang gue tahu. Mi tarik ada di Central Park Mall lantai LG, dan satu lagi ada di Citraland Mall Lantai 2. Ayooo cobain yah…

Salam wisata kuliner..

Uncategorized

Agama.. Kehidupan.. dan Cinta

Tau kah kalian, 3 hal ini menjadi prioritas??

Berawal saat aku mendengar dari seorang teman, sebuah novel -yang memang dulunya menjadi bets seller- ayat ayat cinta, namun aku nya saja yang ‘terlalu’ ketinggalan jaman untuk mengetahui keindahan dari novel ini (buktinya selepas aku selesai membaca novel itu, aku langsung melapor di blog ku ini)

Novel ini sudah lama tergeletak di lemari novel dirumahku, aku tidak punya waktu (tidak mau atau malas?) utnuk membacanya.. 😀 dan saat ada kesempatan, aku membawa ikut serta novel ini ke tempat aku menuntut ilmu sekarang, yaa kalian taulah itu dimana, dimana lagi kalau bukan kota yang katanya kota metropolitan.. 😉

Aku pun cerita dengan teman ku, kalau sampai sekarang aku belum sempat untuk membaca novel ayat ayat cinta ini. Teman ku itu pun heran dengan ku, novel yang katanya sangat amat populer, aku malah belum emmbacanya, padahal novel itu sudah lama bertengger di dalam lemari..

Tiba lah saat aku memulai membaca tiap lembarnya, tepatnya 2 hari yang lalu.. di sela-sela aku mengerjakan tugas, disela-sela kejenuhan ku dengan si tugas-tugas ku tersayang itu.. selepas 1-2 bab aku belum menemukan keasikkan membaca novel ini, mungkin karena aku sudah mengetahui cerita jelasnya..bagaimana seterusnya dan bagaimana endingnya. Tau kah kalian,membaca novel yang mengasikkan itu saat kita mulai penasaran dengan akhir ceritanya.. 🙂

Keesokkan harinya, aku melanjutkan membaca novel ini.. walaupun aku sedikit kecewa saat membaca ‘pertama kali’nya.. namun aku tipe orang yang tidak suka membaca novel tidak sampai akhir.. :p

Dan akhirnya, aku menemukan ketertarikan ku dengan novel ini, saat mulai di bab 8 dan seterusnya.. aku menemukan bagian-bagian yang tidak aku temukan di filmnya (aku sudah nonton filmnya lohh.. ) saat fahri membacakan ayat-ayat Al – Quran. sungguh terasa keindahannya saat kita benar-benar membacanya sendiri bukan mendengarkan orang lain yang mengucapkannya.

Jujur aku menangis saat mengakhiri novel ini (barusan 1 jam yang lalu..) karena aku merasa kehilangan dengan cerita yang memang benar-benar indah (menurutku).

Agama…Kehidupan..dan Cinta..

itulah kata yang kupilih untuk novel ini.. pertama kalinya aku gunakan kata ‘Cinta..islam dan ilmu’.. namun setelah kupikir pikir, tak hanya islam yang dibicarakan namun agama lainnya juga, agama bagian dari ilmu, lebih ke dalam kehidupan seseorang novel ini bercerita.. dan aku pun menyusun kembali mnejadi

Agama..kehidupan..dan cinta.. agama aku letakkan pertama, karena semuanya berawal dari agama, dan kemudian kehidupan, yang kita jalani sekarang, terakhir.. cinta. kehidupan akan terasa hampa kalau tiada cinta, benarkan?? 😀

Agama..

Aku mengakui, aku muslim.. namun setelah aku membaca ini, aku jauh dari kata muslim.. sangaaaaat jauh.. kelupaan sholat 5 waktu pun terlalu sering aku lakukan. Menyisihkan waktu untuk membaca Al Quran pun aku jauh dari kata ;kadang-kadang’.. aku memiliki waktu untuk membaca berpuluh-puluh novel, namun aku tidak punya waktu untuk membaca kitab suci Al Quran itu.. 😥

Aku terharu dengan kecintaan fahri dengan Islam, dengan segala sifatnya yang ia dasari dari Al Quran.. (seandainya bertemu dngan lelaki seperti itu?? *mulai deh menghayal.. :p)

Aku juga iri dengan maria, walaupun ia non-islam, namun ia suka dengan ayat-ayat Al Quran.. kecintaan dia dengan surat Maryam, ‘aku suka mendengar orang membaca Al Quran’ itu seingat ku kalimat yang diucapkan maria..

Ikhlas melakukan sesuatu tanpa mengeluh, aku ingin melakukan itu. Ingat saat maria menitip untuk dibelikan disket saat fahri ingin pergi dengan udara yang sangat panas? kalau aku dipihak fahri, mungkin ada rasa mengeluh, karena udara yang panas. dan aku tidak menutup, pasti aku bilang ‘kenapa dia tidak membeli sendiri’. Sifat yang aku tidak pernah mengira akan datang, selalu ada.. aku selalu berusaha untuk ikhlas melakukan semuanya, namun apa dikata, godaan selalu datang dan membuat aku lupa dengan semuanya.. istilahnya ‘iman ku belum cukup kuat untuk itu semua’ -.-‘

Kehidupan..

Dari kehidupan, aku jadi terpanggil sendiri, dengan keuletan seorang fahri yang mati-matian untuk menjalani kehidupannya.. dia berjuang mati-matian setiap melakukan sesuatu.. saat menerjemahkan sampai jatuh sakit, saat ia pergi untuk talaqqi (ia tidak ingin mengingkari janjinya, bagianya jadwal adalah janji), dan aku sangat tertarik dengan target yang ia buat untuk 10 tahun kedepan.. Betapa sempurnanya tujuan hidup seseorang bila ia melakukan beberapa target dan insya allah tidak melupakannya… 🙂

Saya suka dengan kata-kata bertenaga Thomas Carlyle: Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada di jalan yang mulus

Cinta…

dan terakhir cinta.. meilhat cinta nurul, noura, maria dan aisha.. aku teringat saat-saat menyedihkan itu.. ok, tidak perlu dibahas, toh aku juga sudah tidak mau memperpanjang masalah itu lagi.. :p Jujur aku iri dengan ketulusan mereka dengan yang namanya ‘cinta’..

Di novel ini selalu disebut-sebut, cinta pertama dan cinta terakhir.. aku pun belum sedikit pun memikirkan sampai sejauh itu.. kata-kata terakhir bagiku kata kata yang sangat amat aku jauhi, entah kenapa.. aku trauma dengan kata-kata itu.. 😀

Dan lagi aku cemburu dengan rasa cinta fahri kepada aisha.. (semoga aku pun menemukan cinta yang sama, amiiinnnnnn…)

Beberapa hal yang pelru kalian tau..

setelah aku membaca novel ini, aku jadi terbiasa menggunakan kata ‘aku’ bukan ‘gue’.. terlalu aneh saat aku ingin menulis blog ini dengan ‘gue’ seperti biasanya.. hahaha..

aku pun jadi terpanggil untuk pelan-pelan menjadi muslimah yang sesungguhnya.. Insya Allah, aku menaati semua peraturanNYA dan menjauhi semua laranganNYA.. amiinn.. 🙂

dan aku pun menjadi lebih ikhlas untuk merela semua yang tadinya aku inginkan.. tiada yang lebih aku ingin, selain menjadi seorang yang saleha.. amiiin..

dan aku pun mendadak berubah menjadi bukan seperti layaknya AKU.. hahaha..

dan aku pun menjadi sering mnggunakan kata ‘syukran’..

dan aku pun menjadi lebih yakin dengan apa yang aku janjikan pada saat umur ku 20 tahun nanti, malah menjadi tidak sabar.. amiin.. semoga Allah meringankan semuanya..

dan aku pun tidak menyesal telah membaca novel ini, walaupun terlambat..

dan akhirnya kau berterima kasih dengan seseorang yang memperkenalkan ku dengan novel ini, sungguh aku berterima kasih..

syukran… 😉

tidka akan pernah habis setiap menceritakan isi novel ini dan apa yang aku dapatkan.. hehehe.. aku yakin, setelah ini, aku akan jatuh cinta dengan novel ini.. amiin..

Dan buat kalian semua yang memang senasib dengan ku, belum menyentuh novel ini, aku harapkan kalian mengikutinya.. hahaha..

aku tahu, isi blog ku kali ‘agak’ ‘sedikit’ ‘norak’.. Yahh tapi apa mau dikata, kalau sedang jatuh cinta pada saat pandangan pertama.. :p

Ayat-ayat cinta.. novel pertama yang membuat ku ingin terus membaca, sampai aku hafal semua ayat di dalam novel itu.. :*