Uncategorized

seminarch entrepreneurship

seminar arsitektur yang diadain di BINUS, tanggal 20 Desember 2010.. bener-bener seminar yang patut ada lagi. Kalau ada nih, pasti gue bakal ikut lagi hehehe… Seminar ini tentang entrepreneurship dari arsitek ternama Ridwan kamil dan Johansen. Seminar ini oke banget,memang sih jam-jam pertama gue mulai ngerasa bosan, bikin ngantuk banget. Terbukti dari update status di twitter gue.. ๐Ÿ˜›

Tapi, karena udah bayar mahal-mahal buat ikutan ini seminar dan bela belain cancel pulang lebih lama. Gue pantengin tuh seminar, dengan cara apa pun gue tetep stanby dengerin curhatan si arsitek. Ternyata eh ternyata.. banyak banget hal-hal yang bisa gue ambil dari seminar itu. Gue paling suka saat-saat si arsitek ngedongeng soal perjalanan dari dia mahasiswa sampai dia sukses sekarang. Dari yang kecelakaan masuk arsitektur, ditolak perusahaan sana sini, bahkan tips & trik yang dikasih.. Lama kelamaan gue jadi enjoy buat ngedengerin semua seminar itu. Sesi pertama kelar..berlanjut ke sesi kedua. Jujur gue udah mulai agak sedikit males buat ngelanjutin seminar itu, yaa setengah ogah setengah ok.. ๐Ÿ˜€ Tapi di sesi kedua ini yang ngebuat gue kepengen lagi adanya seminar ini.

pertama, pak ridwan kamil cerita tuh..

setelah lu kuliah lu bakal kemana sih??

jujur itu ada di otak gue, ga hanya gue sih tapi semua mahasiswa/i pasti punya pemikiran yang sama. Lebih lagi, kalau tipe-tipe orang yang masuk arsitektur itu kecelakaan. Kalau gue, udah pasti number 1 jadi arsitek. Tapi pasti ada dong pemikiran-pemikiran yang ngebuat gue down dan jadi mikir lagi buat menjunjung tinggi tu cita-cita… ๐Ÿ™‚

Ternyata dari cuma satu jurusan, yaitu arsitektur.. banyak pilihan-pilihan lain yang bisa kita ambil. Yang dari jadi dosen, kerja kontraktor, desain interior, penulis dan lain-lain. Terus, sesuai kata bapak ridwan kamil. Setelah kuliah, mendingan kita kerja dulu, boleh sih ngambil s2, tapi pengalaman kerja itu lebih baik kita cari sedini mungkin. Dan lebih bagus lagi kalau pengalaman kerjanya di perusahaan ternama. Toh, jaman sekarang bukan masalah IP yang dicari perusahaan, tapi kreatifitas dari orangnya. IP mau 4, tapi kreatifitas lu jongkok.. itu percuma, hanya bisa ngegambar desain orang lain. Terus juga, kata pak ridwan kamil, sewaktu kita ngelamar pekerjaan, yang kudu harus musti lu pegang, ย adalah PERCAYA DIRI! Body language lu harus keliatan, kalau lu yakin 100% persen sama apa yang punya.

Gue bener-bener tertarik sama apa yang udah diceritain sama Pak Ridwan Kamil.. dari dia yang nyari kerja di Amrik, katanya kalau disana cuma modal pinter bahasa inggris, IT ok, percaya diri, satu lagi jangan sekali-kali pake acara merendah diri.. Sombongin aja apa yang lu punya… Terus gue juga tertarik masalah ‘passion‘.. Yakin 100% passion itu jadi masalah number 1 bagi mahasiswa.. khususnya jurusan gue, arsitektur.. kehilangan semangat, setres, bosen, jenuh.. wahh banyak banget deh pokoknya..

Beliau bilang, kalau lu mau bener-bener dijalan yang pilih lu sekarang, lu cari dulu passion. Kalau lu ga ada passion, semua pasti bakal hambar. Contohnya, tugas-tugas yang lu selesaiin, gua yakin 100% pasti hanya sebuah yang desain yang tanpa soul nya.. bener ga tuh?? ๐Ÿ˜€

Jadi, gue bener-bener tertarik buat nyari passion itu. Dan ngejalanin semuanya dengan semangat yang emang bener-bener dari dalam diri gue… (Good luck deh buat diri gue sendiri.. )

Selanjutnya, Beliau juga bilang. Setiap arsitek itu punya ciri khas masing-masing, nah kebetulan si Ridwan Kamil, ngambil konsep story telling di setiap desainnya. Jadi setiap desain yang dia kerjain itu pasti punya cerita tersendiri. Itu ngebuat gue tertarik ‘lagi’ mencari konsep ‘apa sih yang gue mau di setiap desain gue’. Terus mencari..dan mencari.. Ciri khas ga hanya langsung ‘ting’, dapet.. tapi butuh bertahun-tahun buat nemuinnya.. ๐Ÿ™‚

Terakhir, kata-kata yang ngebuat gue tersentuh ‘banget’.. Beliau cerita, kalau bokapnya dulu sebelum meninggal pernah bilang.. Di dunia ini pria itu ada 4 jenis.

1. Pinter tapi ga peduli.

Yang artinya, orang pinter tapi dia ga peduli dengan sekelilingnya. Baik politik, budaya, keadaan sosial, masalah negara dan lain-lain. Baginya mah ‘bodo amat deh yang penting gue pinter dan IP gue 4’. Tapi tipe-tipe orang begini, ga kenal sama orang lain. Lu pinter doang, tapi kepinteran lu cuma buat diri lu sendiri. Inget ga, ada yag bilang kalau kita hidup ini ga sendirian. Oke lah, uang yang lu hasilin emang buat diri lu sendiri, lu kerja juga buat diri lu sendiri. Tapi inget lu ngedapetin semuanya itu pasti ada campur tangan dari orang lain. Makanya jangan ga peduli sama sekeliling lu.

2. ga pinter tapi peduli.

Yang artinya, orangnya peduli banget. Bela-belain ikut ormas sana sini, tapi dia ga tau itu semua buat apaan. Istilah dia ikut organisasi, tapi cuma pengen nge-gaul doang, nongkrong doang, dan ga tau apa manfaat dari organisasi itu.

3. ga pinter dan ga peduli

Nah yang ini, banyak banget tersebar. Mau tau dimana aja?? Noh, di bawah jembatan, di lampu merah.. PREMAN. sukanya hura-hura, ga peduli lingkungan, dan ga pinter juga. Jadi hidup mereka buat apaan yaah?? ==a

4. pinter dan peduli

Nah ini nih, jadi manusia itu harus pinter dan peduli. Pinter dalam arti apa pun, pinter bergaul, pinter ngitung-ngitung, pinter masak, pinter jadi leader, yaa semuanya deh. Nah terus semua kepinteran itu, lu tuangin ke sekitar lu. Karena itu semua yang ngebuktiin kalau lu itu peduli sama sekeliling lu. Dan inilah yang menjadi pegangan Pak Ridwan Kamil sampai sekarang. ๐Ÿ™‚

Gue iri dengan apa yang dia punya, apa yang dia pikirin, apa yang ciptain, apa yang dia temuin.. Dari iri, gue jadi punya semangat buat ngebuktiin kalau semua yang dia bilang itu bener, semua yang di dongengin itu kenyataan.

Buat kalian semua yang udah baca ini, terapin apa yang udah gue bahas. Khususnya buat teman -teman seperjuangan gue. Jangan Pernah Menyerah!! Kejarlah terus cita-citamusampai ke negeri Cina.. kalau dalam kehidupan gue ni, Kejarlah terus matahari… ๐Ÿ˜€

GOOD LUCK!!!

Mohonmaaf kalau ada kesalahan kata, karena saya manusia jadi punya kesalahan yang tidak disengaja.. moon maafnya.. ๐Ÿ™‚

Nah ini gue berbagi foto saat seminarnya, ga banyak.. hanya ingin ‘pamer’ haha.. ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s